Friday 18 April 2014

DEMAM DENGUE ATAU DEMAM BERDARAH DENGUAE (DBD)

Demam Dengue dan Demam Berdarah Dengue

No. ICPC II :  A77 Viral disease other/NOS
No. ICD X :  A90 Dengue fever
                     A91 Dengue haemorrhagic fever
Tingkat Kemampuan: 4A

Masalah Kesehatan

Demam Dengue dan Demam Berdarah Dengue adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Dengue. Virus Dengue memiliki 4 jenis serotype: DEN-1, DEN-2, DEN-3, DEN-4. Infeksi salah satu serotype akan menimbulkan antibody terhadap serotype yang bersangkutan, namun tidak untuk serotype lainnya, sehingga seseorang dapat terinfeksi demam Dengue 4 kali selama hidupnya. Indonesia merupakan Negara yang endemis untuk Demam Dengue maupun Demam Berdarah Dengue.

Hasil Anamnesis (Subjective)

Keluhan 
Demam dengue (dengan atau tanpa perdarahan): demam bifasik akut 2-7 hari, nyeri kepala, nyeri retroorbital,  mialgia/atralgia, ruam, gusi berdarah, mimisan, nyeri perut, mual/muntah, hematemesis dan dapat juga melena.
Faktor Risiko
a.  Tinggal di daerah endemis dan padat penduduknya.
b.  Pada musim panas (28-32 0C) dan kelembaban tinggi.
c.  Sekitar rumah banyak genangan air.

Hasil Pemeriksaan Fisik dan Pemeriksaan Penunjang Sederhana (Objective)

Pemeriksaan Fisik 
Tanda patognomonik untuk demam dengue
a.  Suhu Suhu > 37,5 derajat celcius
b.  Ptekie, ekimosis, purpura
c.  Perdarahan mukosa 
d.  Rumple Leed (+)

Tanda Patognomonis untuk demam berdarah dengue
a.  Suhu > 37,5 derajat celcius
b.  Ptekie, ekimosis, purpura
c.  Perdarahan mukosa 
d.  Rumple Leed (+)
e.  Hepatomegali
f.  Splenomegali
g.  Untuk mengetahui terjadi kebocoran plasma, diperiksa tanda-tanda efusi pleura dan asites.
h.  Hematemesis atau melena

Pemeriksaan Penunjang :
a.  Leukosit: leukopenia cenderung pada demam dengue
b.  Adanya bukti kebocoran plasma yang disebabkan oleh peningkatan permeabilitas pembuluh darah pada Demam Berdarah Dengue dengan manifestasi peningkatan hematokrit diatas  20% dibandingkan standard
sesuai usia dan jenis kelamin dan atau  menurun dibandingkan nilai
hematokrit sebelumnya > 20% setelah pemberian terapi cairan.
c.  Trombositopenia (Trombosit <100.000/ml)  ditemukan pada Demam Berdarah Dengue

Penegakan Diagnosis (Assessment)

Diagnosis Klinis
Kriteria WHO, diagnosis DBD ditegakkan bila semua hal dibawah ini terpenuhi:
a.  Demam atau riwayat demam akut, antara 2-7 hari, biasanya bifasik/ pola pelana
b.  Terdapat minimal satu dari manifestasi perdarahan berikut
     1.  Uji bendung positif
     2.  Petekie, ekimosis atau purpura
     3.  Perdarahan mukosa atau perdarahan dari tempat lain
     4.  Hematemesis atau melena
c.  Trombositopenia (jumlah trombosit <100.000/ul)
d.  Terdapat minimal satu tanda-tanda kebocoran plasma sebagai berikut:
     1.  Peningkatan hematokrit >20% dibandingkan standard sesuai dengan umur dan jenis kelamin
     2.  Penurunan hematokrit >20% setelah mendapat terapi cairan, dibandingkan dengan nilai hematokrit    sebelumnya.
     3.  Tanda kebocoran plasma seperti efusi pleura, asistes atau hipoproteinemia

Klasifikasi 
Derajat DBD diklasifikasikan dalam 4 derajat (pada setiap derajat sudah ditemukan trombositopenia dan hemokonsentrasi)  berdasarkan klassifikasi WHO 1997: 
a.  Derajat I : Demam disertai gejala konstitusional yang  tidak khas dan satu-satunya manifestasi perdarahan ialah uji bending.
b.  Derajat II : Seperti derajat I namun disertai perdarahan spontan di kulit dan atau perdarahan lain.
c.  Derajat III : Didapatkan kegagalan sirkulasi, yaitu nadi cepat dan lambat, tekanan nadi menurun (20mmHg atau kurang) atau hipotensi, sianosis di sekitar mulut, kulit dingin dan lembab.
d.  Derajat IV : Syok berat, nadi tak teraba, tekanan darah tak terukur.

Diagnosis Banding

a.  Demam karena infeksi virus ( influenza , chikungunya, dan lain-lain)
b.  Demam tifoid

Komplikasi

Dengue Shock Syndrome (DSS)

Rencana Penatalaksanaan Komprehensif (Plan)

Penatalaksanaan
a.  Terapi simptomatik dengan analgetik antipiretik (Parasetamol 3 x 500-1000 mg). 
b.  Pemeliharaan volume cairan sirkulasi
c.  Alur penanganan pasien  dengan demam dengue/demam berdarah dengue, yaitu:


 Gambar 4. Alur penanganan pasien dengan demam dengue/demam berdarah dengue

Pemeriksaan Penunjang Lanjutan 
Pemeriksaan Kadar Trombosit dan Hematokrit secara serial

Konseling dan Edukasi

a.  Prinsip konseling pada  demam berdarah dengue  adalah memberikan pengertian kepada pasien dan keluarganya tentang perjalanan penyakit dan tata laksananya, sehingga pasien dapat mengerti bahwa tidak ada obat/medikamentosa untuk penanganan DBD, terapi hanya bersifat suportif dan mencegah perburukan penyakit. Penyakit akan sembuh sesuai dengan perjalanan alamiah penyakit.
b.  Modifikasi gaya hidup
    1.  Melakukan kegiatan 3M menguras, mengubur, menutup. 
    2.  Meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan melakukan olahraga secara rutin.

Kriteria rujukan 

a.  Terjadi perdarahan masif (hematemesis, melena).
b.  Dengan pemberian cairan kristaloid sampai dosis 15 ml/kg/ jam kondisi belum membaik.
c.  Terjadi komplikasi atau keadaan klinis yang tidak lazim, seperti kejang, penurunan kesadaran, dan lainnya. 

Sarana Prasarana

Laboratorium untuk pemeriksaan darah rutin

Prognosis

Prognosis jika tanpa komplikasi  umumnya dubia ad bonam, karena hal ini tergantung dari derajat beratnya penyakit.

1 comment:

  1. Saya sangat menghargai DR AKHIGBE, nama saya LAURIE HUGHES. Saya tidak akan pernah berhenti bersaksi DR AKHIGBE, Kebahagiaan adalah semua yang saya lihat sekarang. Saya tidak pernah berpikir bahwa saya akan sembuh dari virus HIV lagi. DR AKHIGBE melakukannya untuk saya. Saya telah menderita penyakit mematikan (HIV) selama 2 tahun terakhir sekarang, saya telah menghabiskan banyak uang pergi dari satu tempat ke tempat lain, dari gereja ke gereja, rumah sakit telah menjadi rumah saya setiap hari. tempat tinggal. Pemeriksaan konstan telah menjadi hobi saya, sampai hari yang setia ini, saya melihat kesaksian tentang bagaimana DR AKHIGBE membantu seseorang dalam menyembuhkan penyakit HIV-nya di internet dengan cepat, saya menyalin emailnya yang drrealakhigbe@gmail.com hanya untuk memberinya tes yang saya ucapkan. kepadanya, dia meminta saya untuk melakukan beberapa hal tertentu yang saya lakukan, dia mengatakan kepada saya bahwa dia akan memberikan obat herbal kepada saya, yang dia lakukan, kemudian dia meminta saya untuk pergi untuk pemeriksaan medis setelah beberapa hari, setelah menggunakan Penyembuhan herbal dan saya lakukan, lihatlah saya bebas dari penyakit mematikan, sampai sekarang tidak ada HIV dalam diri saya lagi dia hanya meminta saya untuk mengirim kesaksian ke seluruh dunia, dengan setia saya melakukannya sekarang, semua kesaksian DR AKHIGBE benar, mohon BROTHER dan SISTER, IBU dan AYAH dia hebat, aku berutang budi padanya. jika Anda memiliki masalah yang sama, cukup kirimkan email kepadanya di drrealakhigbe@gmail.com atau Anda dapat menggunakan nomor ponselnya di +2349010754824. Ia juga dapat menyembuhkan penyakit ini seperti HIV dan AIDS, DEMAM BERDARAH. HERPES, DIABETIKA, KANKER, HEPATITIS A & B, PENYAKIT KRONIS, PRESUR DARAH TINGGI, ASTHMA, PENYAKIT JANTUNG, INFEKSI EKSTERNAL, EPILEPSI, STROKE, MULTIPLE SCLEROSIS, NAUSEA, VOMITING ATAU ATAU ATMRAKA, LAKA-LAKI LAKI-LAKI, PAULA, IKAN PAKET , BACTERIA DIARRHEA, JAPANISE B ENCEPHALITIES, RABIE ,. Dll situs web ... https: drrealakhigbe.weebly.com

    ReplyDelete